Search This Blog

Thursday, August 18, 2016

Belajar Cara menggunkan Mouse Komputer

Cara Menggunakan Mosue

Mouse adalah peralatan yang berfungsi untuk menggerakkan pointer dilayar untuk memilih program yang ditampilkan pada layar monitor. Bentuk pointer mouse standar, biasanya berbentuk tanda panah.
Dalam mengunkan mouse, kita mengenal beberapa istilah penting. Istilah tersebut adlaah sebagai berikut.
·         Klik mouse
Yaitu menekan tombol mouse sebelah kiri sebnyak 1 kali. Tombol mouse kiri ini, lebih sering digunakan pada saat kita sedang menggunkan komputer.
·         Double klik
Yaitu menekan tombol mouse sebelah kiri sebnyak 2 kali dengan cepat. Double Klik ini digunakan apabila kitahendak membuka objek yang telah kita pilih dari layar komputer. Yang harus dilakukan, yaitu mengarahkan mouse pada objek yang telah kita pilih tersebut. Kemudian tekan tombol mouse sebelah kirisebanyak 2 kali secara berturut-turut.
·         Drag and Drop
Drag artinya menggeser atau menarik, sedangkan Drop artinya menggeserkan mouse untuk memindahkan dan meletakkan pbjek pada tempat yang diinginkan. Jadi Drag and Drop adalah menekan tombol mouse sebelah kiri sabil ditahan dan menggesernya sampai batas tempat yang diinginkan.
·         Kik kanan
Yaitu menekan tombol mouse seblah kanan sebanyak 1 kali. Klik kanan digunakan untuk membuka menu secara cepat. Caranya yaitu mengarahkan mouse keatas tombol pintas, kemudian tekan tombol mouse seblah kanan “klik kanan” lalu pilih open “klik open”
·         Scroll lock

Yaitu menggulung layar ke atas adan ke bawah. Scroll lock digunakan jika kita ingin melihat dengan cepat hasil pekerjaan kita yang telah diselesaikan. Caranya, yaitu menyimpan kursor mouse pada kalimat di layar monitor, kemudian dengn menggunakan scroll lock ke atas atau ke bawah sehingga layar tampak bergerak ke atas atau ke bawah.



No comments:

Post a Comment