Search This Blog

Wednesday, August 17, 2016

Perangkat Keras (Hardware) Komputer

PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

Hardware merupakan perangkat keras komputer. Alat alat yang termasuk ke dalam peralatan hardware adalah sebagai berikut:
a.    CPU (Central Processing Unit)
CPU (dibaca sipiyu) adalah pengolah unit pusat. Sebenarnya yang terlihat adalah kotak (casing) tetapi yang ada di dalamnya menampung komponen utama komputer. Perangkat ini berfungsi sebagi pemroses informasi melalui sistem komputer. Berikut adalah bagian-bagian yang terdapat didalam cpu :
    Power Supplay
    Memory
    Cd drive
    Mainboard
    PS 1 dan PS 2
    USB
    Chip
    Slot
    Kabel IDE
    Kipas Processor
    Kipas CPU
    Floppy Drive
    Hargdisk
    Casing
    VGA
    Modem
b.    Monitor
Monitor adalah salah satu hardware yang bertugas menampilkan proses komputer. Komputer merupakan media output yang berfungsi memperlihatkan informasi sehingga dapat dibaca dan diketahui oleh pengguna.
Monitor terdiri dari beberapa macam, yaitu montor tabung layar cembung, monitor LCD, dan Monitor Plasma
    Monitor Tabung layar Cembung
Jenis Monitor ini adalah generasi pertama dari jenis monitor lainya. Disebut tabung cembung karena monitor jenis ini berupa tabung dengan permukaan cembung.


    Monitor LCD
LCD atau Liquid crystal display. Monitor jenis ini mrnggunakan teknologi kristal cair sebagai penampilan utama. Biasa digunakan juga pada Televisi, Kalkulator, dan Ponsel


    Monitor plasma
Adalah sebuah tampilan layar datar yang bercahaya yang dihaslkan dari Fasfor yang diakibatkan oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas.

c.    Mouse
Adalah salah satu perangkat dalam sistem komputer yang memiliki sensor untuk mengetahui kemana arah yang dikehendaki oleh USER nya. Pada umumnya mouse hanya mempunyai dua tombol, yaitu tombol paling kira dan kanan. Trackball adalah alat penunjuk berupa sebuah bola.
Mosuse yang lebih modern sudah menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu ada pula yang menggunakan nirkabel, baik berupa radio, inframerah maupun bluetooth.
 











Mosue Kabel                                                 Mouse Bluetooth




d.    Keyboard
Adalah papan ketik yang terdiri atas tombol- tombol berbentuk huruf dan angka serta simbol yang tercetak diatasnya


e.    Printer
Adalah pencetak atau alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik diatas kertas.


f.     Scanner
Scanner (dibaca Skener) adalah alat pemindai gambar atau foto sehingga gabar atau foto tersebut dapat ditampilkan didalam komputer dan dapat diolah dengan menggunakan sistem komputer.


g.    Speaker
Adalah alat pendengar suara yang merupakan salah satu Hardware yang tergolong ke dalam Output Device. Speaker digunakan untuk nonton film, mendengarkan musik, bermain game, sehingga lebih asyik saat kita memainkannya.


h.    Webcame
Salah satu Hardware input device yang berfungsi untuk menentukan foto atau bisa untk konfrensi video lewat internet.


No comments:

Post a Comment