Search This Blog

Thursday, August 18, 2016

Tombol pada Keyboard

Tombol – tombol pada keyboard

Pada keyboard terdapat beberapa tombol huruf, angka, dan fungsi. Tombol-tombol tersebut kemudia dikelompokkan menjadi beberapa kelompok yang berbeda. Pengelompokan tombol keyboard tersebut adalah sebagai berikut.

1.    Tombol Fungsi
Adalah tombol yang berfungsi untuk membantu program yang sedang dijalankan. Tombol fungsi terletak pada keyboard paling atas dan masing-masing tombol berawalan huruf “F” yang mempunyai fungsi yang berbeda antara satu denganyang lainnya.



2.    Tombol Penyunting
Adalah tombol khusus yang berfungsi untuk menyuning teks. Tombol penyunting berupa susunan tombol-tombol yang terdiri dari tombol Insert, Home, End, Page Up, dan Page Down serta Delete.



3.    Tombol Huruf dan Angka
Adalah tombol-tombol yang terletak pada keyboard yang menempati sebagian besar dari keyboard. Tombol huruf dan angka ini, susunannya sama dengan susunan tombol pada mesin ketik.



4.    Tombol Panah
Tombol ini digunakan untuk menggerakkan kursor sesuai dengan anak panah yang digerakkan. Tombol ini ada empat, yaitu tombol panah arah ke atas, ke bawah, ke kanan, dan ke kiri.



5.    Tombol angka
Yaitu tombol yang digunakan pada saat penomoran atau penghitungan. Tombol angka mempunyai susunan tombol seperti pada tombol kalkulator.


6.    Tombol Khusus.
Tombol khusus yang ada pada keyboard terdiri dari tombol Enter, Esc, dan tombol Backspace.
a.    Tombol enter
Berfungsi untuk memastikan atau menjalankan perintah, dan digunakan untuk membuka linea/paragraf baru pada saat pembuatan teks. Tombol enter pada keyboard ada dua, yaitu pada kelompok tombol huruf dan pada kelompok tombol angka.
b.    Tombol Esc (Escape)
Berfungsi untuk membatalkan perintah atau menu. Tombol ini terletak pada pojok kiri papan keyboard.
c.    Tombol Backspace
Berfungsi untuk menghapus huruf dengan cara menggerakkan kursor keseblah kiri. Tombol ini terletak diatas tombol enter pada kelompok huruf angka.


No comments:

Post a Comment